Perbandingan Lengkap Honda Sonic 150 Suzuki Satria F150 Fi Dan Yamaha MX King 150

Pertempuran Sengit Bebek Super Dan Ayam Jago

Pada akhirnya, setelah sekian lama dinanti-nantikan, jagoan bebek sport Suzuki Satria F150 Fi muncul juga. Pertempuran motor bebek super dan ayam jago pun sudah tidak terelakan lagi alias semakin seru dan menarik untuk dibedah kedalaman teknologinya. Yang berarti, di kelas 150 cc bertipe bebek super dan ayam jago di isi 3 varian, yakni Honda New Sonic 150R, Yamaha MX King 150 dan Suzuki Satria F 150 Fi.

Berdasarkan sumber yang sudah terjun langsung investigasi, uji coba dan test drive yang telah dilakukan tim MotorPlus mulai dari uji akselerasi, performa mesin melalui dynojet, uji konsumsi bahan bakar dan fitur-fitur lainnya, maka sengaja penulis kembali ketengahkan postingan ini secara lengkap untuk sobat bikers semua yang tentunya sangat seru untuk di komparasikan kira-kira mana yang terbaik diantara ketiga motor bebek super ayago kelas 150 cc.


Adu Fitur;

Banyak inovasi yang diterapkan di ayam jago dan bebek super 150 cc ini, mulai dari suguhan teknologi engine, beragam fitur di speedometer dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk itu mari kita coba bandingkan ketiga motor ini, adapun penilaian akhir nanti kembali lagi ke sobat biker semua yang mau menebus salah satu diantara ketiga motor tersebut.

  • KUNCI PENGAMAN
Inovasi baru disuguhkan All New Satria F150 Fi keluaran terbaru, lebih advance dibandingkan kompetitor yang dilengkapi remote alarm dan shutter key unik, yakni cukup tekan untuk membuka dan menutup fitur ini. Di MX King juga dibekali shutter key sistem dan kemudahan buka jok dalam satu tempat yang terdapat di di kunci utama. Sedangkan Auto secure key sistem adalah fitur yang diterapkan pada Honda New Sonic 150R. Saat rider mengambil anak kunci dari rumah kunci, penutup akann menutup secara otomatis.

  • SPIDOMETER 

Spidometer milik MX King interface masih analog dicampur digital. New Sonic 150 sudah memakai interfcae full digital. Sementara paling kumplit indikator Satria yang sudah dilengkapi indikator penggantian oli dan engine indikator. Diantara ketiganya memiliki limiter rpm yang berbeda, MX King terukur sekitar 12.000 rpm, Sonic di 11.000 rpm dan New Satria lebih dari 13.000 rpm. 

  • LAMPU DEPAN
Muka New Sonic dan New Satria Fi bentuknya hampir serupa. Memiliki model head lamp yang menyatu dengan lampu sein. Dan kompak keduanya sudah mengusung lampu model LED. Kekurangan lampu ini ada pada saat ketemu jalan basah dimana cahaya jadi memantul dan penerangan jadi kurang maksimal, tetapi justru sangat efisien dalam segi perawatan dan arus aki tidak terlalu kesedot. Berbeda dengan MX yang head lampnya masih menggunakan bohlam, hanya lampu senjanya saja yang pakai LED.



  • LAMPU BELAKANG 
Masing-masing motor ayam jago bebek super 150 cc ini lampu belakangnya memiliki desain yang unik. Seperti di New Satria bentuknya runcing dengan kombinasi desain bulat yang unik. New Sonic lebih mengedepankan desain serba runcing sehingga air flow dari depan ke belakang terlihat serasi. Sedangkan MX King coba mengejar tampilan motor sport tulen dengan lampu rem terpisah dari lampu sein. Stoplampnya mirip Yamaha YZF-R25.


  • DOUBLE CAKRAM
Bisa dibilang fitur cakram depan New Sonic ngekor ke desain Satria F. Alasannya, Satria sudah lebih dulu mengadopsi cakram model giga disc, yaitu cakram diameter besar yang pemasangannya di batang pelek. Sedangkan MX King masih menggunakan cakram seperti umumnya. Lebar cakram depan MX king 245 mm. Untuk cakram belakang ketiganya sudah mengadopsi perangkat ciet.

  • PELEK
Ngomongin soal pelek, punya MX bisa dibilang paling gambot. Bisa dilihat, ukuran depan dikasih 1,85x17 dan belakang berukuran 3,50x17 yang kembali mirip seperti dipakai di YZF-R15. Sementara pelek New Sonic memiliki model Y10 berukuran 1,85x17 untuk depan dan 2,15x17 untuk belakang. Sedangkan pelek Satria Fi malah mempunyai ukuran pelek yang paling kecil, yakni 1,40x17 depan dan 1,85x17 untuk belakang. Kelebihan pelek Satria katanya lebih ringan dengan bobot 3,115 Kg (depan) dan 3,697 Kg (belakang).

  • PENDINGIN MESIN
Memiliki kapasitas mesin yang besar 150 cc, sudah pasti ada teknologi pendingin mesin untuk menjaga durability mesin dan tenaga yang tidak mudah drop. Dan kali ini, New Satria Fi sudah beralih ke pendingin air seperti yang dimiliki MX King dan New Sonic. Dan jika dilihat secara kasat mata, luas penampang radiator milik Satria lebih besar ketimbang dua lawannya.



  • MESIN 
Honda New Sonic, Yamaha MX King dan New Satria Fi memiliki tipe mesin yang berbeda meskipun kapasitas ketiganya sama (150 cc). New Sonic 150 menggendong mesin tipe DOHC 4 katup berteknologi injeksi. Memiliki konfigurasi bore x stroke 57,3 x 57,8 mm atau mendekati square. Dikawal throttle body 30 mm, untuk menyedot udara. Tranmisi percepatan Sonic mempunyai 6 gigi.
Yamaha MX King mempunyai tipe mesin SOHC 4 katup dan sistem pengabut injeksi dengan throttle body 30 mm, bore x stroke = 57 x 58,7 mm. Hanya menggunakan 5 percepatan/gigi. Dan terakhir New Satria Fi dijejali tipe mesin DOHC 4 katup dengan throttle body berventuri 32 mm, dan ini paling besar. Karena Satria Fi memiliki diameter piston 62 mm dan stroke 48,8 mm yang digeber sampai 6 tingkat percepatan.

  • KAPASITAS TANGKI BBM
Soal kapasitas tangki bahan bakar, ketiganya tidak beda jauh. Dikarenakan mesin yang digendong sama-sama 150 cc. Hanya Yamaha MX yang dibekali kapasitas bahan bakar paling besar sebanyak 4,2 liter. Sedang Honda Sonic dan Satria Fi cukup pede dengan tangki 4 liter saja.

  • AKSELERASI 
Dengan menggunakan alat bantu vericom VC3000, untuk menguji akselerasi diantara ketiga motor bebek super ini, tim Rider MotorPlus sengaja memboyong motor-motor tersebut ke Jl. taman aris, kebon jeruk, Jakarta Barat. untuk diajak berlari sekencang-kencangnya di trek lurus yang kemudian akan di ukur akselerasi yang didapat. Dengan menggunakan bahan bakar Pertamax, waktu pengetesan di malam hari sekitar jam 10-11 malam supaya lalu lintas jalan raya terkesan kosong dan aman buat ngegass pol.
Dan hasil yang diperoleh tim rider motorplus, akselerasi MX king bagus di putaran bawah, sedangkan Satria Fi melesat di rpm tengah sampai atas. Yang paling seru adalah ketika membesut Honda Sonic, pasalnya power dan torsinya berasa ngisi di kedua sektor. Mungkin ini semua berhubungan dengan spek mesin New Sonic yang mempunyai teknologi mesin mendekati Square, yang artinya antara bore dan strokenya hampir sama besarnya.
Tetapi, bila melihat hasil catatan waktu yang diperoleh, Suzuki Satria tidak sia-sia mendevelop mesin baru FU Fi. memang untuk akselerasi bawah atau jarak pendek, jagoan Suzuki ini harus mengakui keunggulan dan kegesitan rivalnya yang punya stroke lebih panjang. Tapi begitu masuk putaran menengah ke atas, FU Fi bisa mengangkangi keduanya, dan ini terlihat pada pencapaian jarak 0-201 meter, FU Fi lebih unggul dari Sonic dan MX King. Apalagi kalau jarak tempuhnya di atas 201 meter mungkin bisa terpaut lebih jauh lagi catatan waktunya.

Pengetesan
New Satria FU Fi
MX King 150
New Sonic 150
0 – 40 km/jam
2,60 detik
2,19 detik
1,88 detik
0 – 60 km/jam
3,83 detik
4,0 detik
3,46 detik
201 meter
10,86 detik
11,4 detik
10,99 detik

  • HASIL DYNOTEST DYNOJET 250I
Langkah pengujian terakhir yang dilakukan tim MotorPlus ini adalah dengan membawa ketiga jenis motor bebek super tersebut ke R9 Premium Store di Kebon Jeruk, Kota, Jakarta Barat dengan tujuan untuk mengukur power dan torsi yang dimuntahkan motor berkapasitas 150 cc ini.
Supaya adil, dynotest kali ini ketiganya di dyno ulang, tidak menggunakan data lama yang pernah motorplus muat sebelumnya. Yang pertama, New Satria F150 Fi dengan mesin baru berteknologi injeksi dan pendingin baru air ini terbaca mampu memuntahkan power 14,44 hp/10.525 rpm dan torsi 10,64 Nm/8.510 rpm.
Berikutnya MX King, setelah di dyno beberapa kali, peak power terbesar ada di 13,12 hp/8.160 rpm dana torsi 12,23 Nm/6.250 rpm. Dan yang terakhir adalah Honda New Sonic, yakni power yang dimuntahkan motor ini merupakan yang terbesar dengan mengalahkan rivalnya, yaitu ada pada 14,90 hp/8.280 rpm dengan torsi 13,77 Nm/6.200 rpm.

Pada akhirnya kalau dilihat dari power ketiganya, tidak terlalu beda jauh. Bisa dibilang tipis-tipis lah, namun power band Satria FU Fi lebih luas dari kedua rivalnya lantaran peak power didapat di putaran yang lebih tinggi plus napas mesin yang lebih panjang. 


Demikianlah artikel yang mengupas tuntas mengenai perbandingan lengkap antara motor bebek super ayago Honda new Sonic, Suzuki Satria Fu Fi dan Yamaha Mx King yang mana sengaja penulis share ulang kembali bersumber dari media cetak MotorPlus edisi 890, semoga bermanfaat.