Pasang Knalpot Racing Performa Yamaha Jupiter MX King 150 Naik 1,17 HP

Setelah cukup banyak para pengguna motor pada umumnya yang gemar menggantinya atau malah di tambah motornya, maka bagi penikmat kuda besi jenis Yamaha Jupiter MX King 150 khususnya yang hobby ngoprek dengan tarikan ala pembalap atau street racing style, kini tidak perlu khawatir lagi di dalam mengutak atik motor kesayangannya demi kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara. 

Dan salah satu pendukung supaya motor Jupiter MX King 150 ini performanya sedikit meningkat dari kondisi standar, maka salah satu part dari produsen knalpot R9 Racing Generation telah merilis dan mengedarkan produk terbarunya yang bertipe Assen dengan tujuan bisa mendongkrak power baik tarikan atas maupun bawah.

Untuk membuktikan ketangguhan dan kualitas knalpot R9 sampai dimana kekuatan performanya, maka melalui riset dan eksperimen beberapa bengkel ternama berikut seperti yang dilakukan tim EM-Plus, telah dilakukan uji coba dengan cara mengukur power dan torsi puncak motor bebek terbaru andalan pabrikan garpu tala ini. Baik sebelum mengganti knalpotnya maupun sesudahnya. Dan pengukurannya pun dilakukan melalui mesin Dynojet 250i buatan Amrik kepunyaan R9 store.


Pada sesi pertama, dengan keadaan standar motor dinaikkan ke atas mesin dyno. Setelah beberapa kali run, hasilnya diketahui maksimal dapat powernya mentok di 12,98 hp/8.600 rpm, dan torsinya terukur di 12,12 Nm/6.750 rpm.


Pada sesi berikutnya, knalpot standar dilepas dan digantikan dengan knalpot R9 tipe Assen. Catatan, pada saat pergantian knalpot ini tidak dibarengi dengan setting-setting komponen lainnya, alias murni hanya penggantian knalpotnya saja. Lalu bagaimana hasilnya? setelah dikoreksi dengan penggantian knalpot R9 tipe Assen, maka angka-angka yang ditampilkan mesin dynojet menunjukan peningkatan yang lumayan signifikan, power maksimal yang dihasilkan dari knalpot tersebut menjadi 14,15 hp/8.450 rpm dan torsinya berada di 12,49 Nm/8.600 rpm. Artinya apa? secara matematis nampak jelas terjadi peningkatan tenaga sebesar 1,17 hp dan torsi 0,37 Nm. Fantastis bukan? hehe


So, bagi kawula muda yang memiliki motor bebek super terbaru Yamaha MX King 150 yang ingin menaikkan performa tenaganya dengan modal yang sangat irit tanpa perlu ubahan mesin dapur pacu karena anggaran yang besar, ga ada salahnya untuk mencoba mengaplikasi part knalpot R9 tipe Assen ini, lumayan juga kan hanya dengan penggantian knalpot saja bisa naik segitu tenaganya. 

Ok masbro, kiranya semoga artikel pendek ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda-anda semua. Jangan lupa untuk sama-sama share nya ya?! akhir kata Wassalamu'alaikum Wr. Wb