2 Manfaat Aplikasi Android Bagi Bikers

Handphone (Android) dan Motor ini ibarat dua sisi mata uang, maksudnya? kemana motor pergi maka sudah dipastikan sebuah barang yang bernama HP akan setia ikut menemani kemana dia pergi. Betul tidak? :)

Nah, dijaman serba canggih seperti sekarang ini, bagi sobat bikers yang memiliki Handphone/Android ga melulu cuma eksis di media sosial atau nge game saja, tapi bisa dimanfaatkan jadi sebuah data logger ketika sedang melakukan touring atau latihan di sirkuit bagi yang suka adu kebut di pasar senggol. Lantas informasi apa yang kita dapatkan dalam menggunakan aplikasi tersebut ketika kita menerapkannya?



Berikut 2 kebergunaan dan manfaat aplikasi android untuk bikers:

  • RaceChrono

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menghitung laptime ketika sedang berada di sirkuit, sekaligus juga bisa membaca racing line biker saat keluar-masuk tikungan berdasarkan time per sector. Jadi, dengan pengaturan di aplikasi ini maka kita bisa mengkoreksi kecepatan dan catatan waktu saat melintasi sector-sector yang ditentukan atau titik jalan yang biker inginkan.

Untuk itu, penggunaan alat pantau seperti ini sangat cocok bagi para pembalap yang sering latihan di sirkuit, bisa mempelajari lebih dalam racing lines, time per sektor dan time per lap. Penggunaannya pun sangatlah mudah, pertama tentunya kita harus mendownload aplikasi ini yang tersedia di play store atau google play yang tersedia dengan 2 layanan, yang gratis dan berbayar.

Di aplikasi yang gratis ini sudah cukup banyak fitur yang ada untuk digunakan sebagai latihan. Akan tetapi sebelumnya, kita perlu mengaktifkan GPS yang ada di HP kita, setelah itu baru kita pilih track sirkuit yang terdekat dari posisi kita sekarang. Sebagai contoh, kita memakai sirkuit Sentul karting untuk mencoba aplikasi ini. Setelah memilih track akan terlihat lay out (tata letak) sirkuit Sentul karting. Kemudian, simpan HP kita di bagian dari sepeda motor atau di kantong pembalap. Lalu, coba berjalan mengelilingi trek, maka aplikasi tadi akan merekam mulai dari kita start sampai berhenti dan langsung menunjukkan racing line yang keluar dari motor kita.


  • RaceDroidPro

Aplikasi yang kedua ini berguna untuk mengukur power dan torsi motor kita dengan cara menjalankan motor di trek yang lurus. Selain itu, alat ini juga bisa menghitung kecepatan 0-60 km/h, 0-100 km/h yang dapat ditempuh dengan berapa cepat.

Disamping itu, aplikasi ini juga bisa menghitung jarak yang ditempuh berapa lama perjalanan yang dikendarai. Contohnya, bisa mengukur trek 500 meter ataupun 201 meter dalam berapa detik. Tentunya, kita juga harus menyimpan HP disaat melakukan tes seperti di dalam kantong saku maupun di motor.

















Dari kesimpulan dan eksperimen yang telah dilakukan beberapa konsumen yang telah memakai data logger seperti perangkat ini, ternyata aplikasi ini juga masih ditemukan sisi minusnya yaitu tidak adanya fasilitas untuk menyimpan data setelah melakukan serangkaian tes. Jadi, mau ga mau kita perlu screenshot ataupun dengan cara capture screen untuk menyimpan catatan waktu yang telah kita tes/uji coba pada motor tersebut. (sumber: motorplus edisi 879)

Demikianlah sobat biker semua sedikit ulasan artikel mengenai fungsi dan manfaat aplikasi android untuk motor mania yang bisa saya share, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dibaca dan dipahami, semoga membantu dan bermanfaat. Jangan lupa share dan baca juga ini pasang gps tracker di motor hindari kejahatan curanmor. Akhir kata, wassalamu'alaikum wr. wb