Dapatkan Pilihan Pelek Lebar Terbaru Matik Dan Sport


Banyak cara mempercantik tampilan tunggangan kesayangan. Salah satunya dengan cara upgrade kaki-kaki, gak usah yang ribet dulu, misal ganti pelek bawaan pabrikan dengan produk aftermarket yang mana desainnya keren dan bagus di pasaran. Apalagi saat ini sudah mulai banyak beredar beberapa tipe baru yang layak untuk dilirik dan digunakan sesuai selera.

Nah, Pelek aftermarket yang beredar kebanyakan memiliki ukuran yang lebih lebar ketimbang standarnya. Jadi bisa bikin tampilan motor sobat berkesan kekar dan gagah. namun yang harus diperhatikan adalah, tidak semua motor cocok dengan penggunaan pelek lebar tersebut. 

Sekarang yang mulai banyak pilihan baru di kategori tipe motor jenis matik dengan lebar pelek depan hingga 2,15 inci dan belakang ukuran mulai 2,5 inci, 3 inci dan 3,5 inci. Tapi memang tidak semua motor tipe matik bisa langsung cocok dengan pelek lebar ini. Seperti misalnya untuk Honda Vario 125 atau Vario 150, pelek bawaan pabriknya memiliki ukuran pelek selebar 1,85 inci di bagian belakang, dan ini masih bisa diganti dengan ukuran yang 3 inci atau 3,5 inci. Itu tanpa memerlukan ubahan apapun alias bolt on. Sementara di skubek Yamaha harus ada sedikit ubahan untuk pemasangannya, terutama di bagian mountingKarena rata-rata matik Yamaha mengadopsi lebar pelek 1,4 inci untuk depan dan 1,6 inci bagian belakang. Bagi sebagian pemilik matik Yamaha, hal ini dirasa terlalu ramping. Maka dari itu disarankan untuk pelek depan bisa memakai ukuran 2,15 inci dan 2,5 inci bagian belakang. Lebih dari itu pasti mentok dan harus ada ubahan agar bisa terpasang.

Untuk motor jenis sport terbaru seperti New Kawasaki Ninja 250, ada rekomendasi bisa memakai pelek anyar keluaran Chemco selebar 3 inci untuk depan dan 4,5 inci bagian belakang. Dengan memakai pelek ini bisa langsung pasang tanpa perlu ubahan, selain itu pembeli juga bisa memilih mau beli satu atau per satuan alias sepaket, tergantung seleran dan keinginan.

Kalau tipe sport yang ingin menggunakan pelek lebar tanpa harus mengganti swing arm, maka harus diperhatikan lebar tapak bannya. Jangan sampai terlalu lebar juga, maksimal lebar yang disarankan adalah ukuran 140 untuk belakang, karena jika memakai yang 160 maka mau ga mau harus ada ubahan di posisi swing arm.

Untuk pilihan warna pelek-pelek berukuran lebar, saat ini juga makin bervariatif dengan warna-warna seperti krom, gold, putih dan warna cerah lainnya. Pilihan harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp. 900 ribuan sampai Rp. 1,2 jutaan untuk motor matik, sedangkan untuk motor jenis sport dibuka pasaran mulai dari kisaran Rp. 1,5 sampai Rp. 2,9 jutaan per set. So, sobat motor mania mau pilih yang mana?


Tipe : New Ninja
Untuk : Kawasaki Ninja 250
Ukuran : 3 x 4,5 inci
Warna : Hitam, Putih
Harga : Rp. 2,9 juta (satu set)




Tipe : Y5
Untuk : Matic Yamaha
Ukuran : 2,15 x 2,50 inci
Warna : Hitam, Putih, Gold
Harga : Rp. 900-950 ribu




Tipe : Andong
Untuk : Matic Yamaha, Honda
Ukuran : 2,15 x 2,50 inci
Warna : Gold, Hitam, Putih
Harga : Rp. 900 - Rp1,1 juta




Tipe : Rose
Untuk : Matic Yamaha, Honda
Ukuran : 2,15 x 2,50 inci. 2,15 x 3. 2,15 x 3,5 inci
Warna : Krom, Hitam, Putih
Harga : Rp. 925 - Rp. 1,1 Juta




 Tipe : Blade
Untuk : Matic Yamaha, Honda
Ukuran : 2,15 x 2,50 inci
Warna : Krom, Hitam, Putih
Harga : Rp. 900 - Rp. 1 juta



Harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa sepengetahuan konsumen.

Demikian sedikit ulasan artikel mengenai beberapa pilihan pelek terbaru untuk motor jenis matik dan sport yang dihimpun dari sumber media cetak M-plus edisi 879, semoga bermanfaat. Wassalam... wr. wb