Ganti Knalpot Honda Vario 150 Esp Power Naik 2 DK



Selain mesin yang di oprek, apa lagi yang mesti diganti biar Power Honda Vario 150 eSP makin meningkat? Jawabannya mudah dan sederhana, cukup ganti knalpot pakai racing. Dan ternyata motor Honda matic ini tenaganya bisa tembus sampai 2 DK setelah dicoba di atas dynamometer Dynojet.

Dalam kondisi standar, power motor ini tembus di angka 10,24 dk pada 7.650 rpm dan torsi 10,44 Nm di 6.300 rpm. Sejatinya pengetesan ini dilakukan pada Honda Vario 150 eSP 2015 yang kondisinya masih standar dengan odometer 1.240 km. Sebagai komparasi, knalpot racing yang di test pada motor ini menggunakan beberapa knlapot aftrermarket dan handmade yang kualitasnya sudah teruji di dunia balap maupun harian.

Di bawah ini beberapa jenis knalpot racing yang diluncurkan khusus buat Honda Vario 150 eSP:

  • CLD C2, Knalpot yang dibandrol 700 ribu rupiah ini memiliki karakter suara cukup bulat, saat dilakukan pengujian tenaganya naik sebesar 12 dk pada 8.600 rpm, yang artinya suara yang dihasilkan produk CLD sudah langsung sangar di putara bawah/rendah. Dengan suara yang sudah menggelegar di awal, maka alternatif supaya tidak menjadi incaran Polisi harus disiasati dengan menggunakan DB Killer.

  • WRX, Knalpot yang memiliki desain pipa paling panjang ini memiliki suara paling ngebass diantara kontestan yang lainnya. Knalpot bermerek WRX ini berhasil menyemburkan tenaga sebesar 12 dk pada 8.800 rpm dan torsi 11,06 Nm di 6.800 rpm, untuk mendapatkan knalpot ini cukup merogoh kocek Rp. 750.000, 

  • PROLINER, adalah knalpot berbahan dasar stainless steel ini memiliki karakter yang berbeda dari knalpot yang lainnya. Sebagai hasil, grafik hasil test dyno yang bagus untuk tenaga putaran atas, pas buat jarak panjang. Rincian daya yang di dapat setelah di test di dyno, tenaga puncaknya 12 dk di 8.900 rpm dan torsi maksimum 10,88 Nm pada 6.800 rpm, knalpot bermodel silencer bulat ini di patok harga senilai 450 ribu saja.

  • S K R, produsen knalpot handmade ini benar-benar memberikan kejutan. Dengan desain yang minimalis dan berbahan plat galvanis, sukses menyemprotkan tenaga paling besar di antara pesaing knalpot racing lainnya, yaitu ada di angka 12,17 dk pada 8.600 rpm dan torsi maksimal 11,5 nm pada 6.850 rpm. Untuk mendapatkan knalpot ini cukup mengeluarkan uang 450 ribu saja.



DATA TEST
Merk
Power
Torsi
Standar
10,24 dk/7.650 rpm
10,44 Nm/6.300 rpm
SKR
12,17 dk/8.600 rpm
11,05 Nm/6.850 rpm
Proliner
12 dk/8.900 rpm
10,88 Nm/6.800 rpm
WRX
12 dk/8.800 rpm
11,06 Nm/6.800 rpm
CLD C2
12 dk/8.600 rpm
11,01 Nm/6.300 rpm

Itulah beberapa referensi knalpot racing untuk Honda Vario 150 eSP yang telah di rekomendasikan beberapa pengamat dan mekanik-mekanik ahli yang terpercaya, sebagaimana yang telah di uji di atas dynamometer sampai hasilnya terbukti mampu menaikkan tenaga hingga 2 dk.