Cara Meredam Panas Mesin Daihatsu Granmax Dan Luxio



Keberadaan mesin yang posisinya ada di tengah jok atau tepatnya di bawah jok Daihatsu Granmax maupun Luxio, dapat membuat si pemakai mobil merasa kurang nyaman dikarenakan posisi bagian betis si pengemudi merasakan hawa panas mesin.

Keadaan seperti ini memang dibenarkan seperti yang di tuturkan salah seorang Workshop Head PT. Astra Internasional Tbk Daihatsu Jakarta cabang Arteri Pondok Indah, Jakarta selatan. Menurutnya, hal tersebut apa yang dirasakan oleh pengemudi maupun yang disampingnya itu adalah lebih ke perasaan hangat pada betis dan bukan panas, dan ini terjadi pada semua kendaraan jenis Daihatsu Granmax dan Luxio.

Lalu, bagaimana hal ini bisa terjadi dan apa yang menjadi penyebab mesin hangat sampai tembus ke kaki/betis? berikut beberapa penjelasan yang disampaikan oleh salah seorang workshop head Daihatsu;

  • Hawa yang dirasakan panas/hangat ketika mesin mobil bekerja, hal ini dapat menelusup melalui celah-celah antara jok dan bodi. Dan ini di akibatkan dari karet yang ada dibawah jok bisa jadi sudah tidak berfungsi dengan baik. Secara umum kejadian seperti ini menimpa pada varian mobilnya yang sudah lawas.

  • Dengan keadaan karet yang ada dibawah jok telah rusak, biasanya karena usia pemakaian yang sudah lebih dari 3 tahun, pihak bengkel sangat menganjurkan untuk menggantinya dengan part yang baru, dan harga yang telah dipasarkan untuk ganti karet tersebut cukup merogoh kocek Rp. 54.000,- saja.

  • Masih menurut orang Daihatsu, betis pengemudi yang di hinggapi hawa hangat, itu disebabkan peredam yang kurang tebal. Dan peredam tersebut adanya menempel di balik karpet dasar bawaan mobil yang berbahan kain.

  • Paket peredam tidak tersedia ready stock seperti barang-barang lain pada umumnya, tapi bengkel resmi Daihatsu telah menyiapkan jika ada konsumen yang membutuhkan, pihak Daihatsu tetap bisa menyediakan. Kalau dengan peredam yang sudah ada masih terasa hangat, maka bisa ditambah dengan yang baru. Soal harga yang telah ditetapkan Daihatsu, tinggal gesek kurang lebih Rp. 78.000,-.


Barangkali hanya itu tips yang bisa di lakukan anda para pemakai kendaraan mobil jenis Daihatsu Granmax dan Luxio, cukup mudah melakukannya demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara berbeda ketika merasakan betis/kaki yang hangat atau panas yang sudah tentu tidak akan merasa nyaman sama sekali bagi semua pengguna kendaraan ini.