Ini Dia Pilihan Seher Untuk Nge Drag

Seher merk apa sih yang cocok, tahan lama, dan berkualitas tinggi untuk nge drag atau balap trek lurus? Itulah pertanyaan umum yang keluar dari beberapa pemilik motor ataupun mekanik bengkel ketika hendak merubah tampilan motor standarnya menjadi motor sport yang super cepat.

Pada ajang balap trek lurus resmi maupun balapan liar, performa atau tenaga mesin menjadi hal nomor satu. Dan sudah jelas faktor utama untuk motor drag adalah performa mesin yang joss supaya menjadi yang tercepat di lintasan, bahkan jadi lupa kalau keselamatan jokinya sendiri jadi di nomor dua kan.

Nah, buat naikin performa mesin tadi, seher merupakan komponen inti dalam usaha menaikkan kapasitas mesin yang di inginkan. Pilhannya pun banyak, hanya perbedaan yang biasanya itu ada pada ketinggian seher, lebar pinggang serta tinggi domenya. Kalau ukuran diameter bisa disesuaikan dengan panjang stroke supaya masuk di kelas tertentu dalam ajang balap drag.

Seperti salah satu gagasan yang diciptakan oleh punggawa Al Yamin yang bertempat di Jl. Kerja Bakti No. 2 Kp. Makasar, Halim. Jakarta Timur yaitu Teguh Achiryanto, "Untuk ngakalin stroke yang tinggi, kebanyakan jenis seher yang dipilihnya yaitu seher pendek atau tipis, soalnya di kalangan anak-anak liaran/balap liar, apabila mereka sudah selesai main, scrutnya hanya melihat diameter seher yang sesuai dengan perjanjian main". Sementara kalo tinggi dome, tinggal disesuaikan dengan itung-itungan mekanik tingginya mau berapa. Tapi ada juga seher yang masih mentah. Jadi tinggal dibentuk sendiri tinggi dome dan bentuk permukaan sehernya sesuai keinginan.

Selain perhitungan ukuran seher, tingkat ketahanan seher juga harus diperhatikan. Seperti contohnya seher buatan Kawahara. Seher ini jelas sudah recommended, sebagaimana yang dipromosikan om Jessy Siswanto selaku owner Kawahara Racing, doi bilang Kawahara sudah menyediakan part seher khusus untuk drag mulai dari ukuran 66 mm sampai 72 mm, kelebihannya lebih kuat untuk kompresi tinggi serta minim gesekan sehingga pergerakannya jadi lebih ringan.

Untuk itu seher ini bisa menjadi salah satu pilihan, dikarenakan memakai sistem forging atau tempa. Bukan cor atau konvensional. Makanya jadi tahan terhadap kompresi tinggi dan juga punya bobot yang ringan, selain itu harganya juga cukup murah jika dibandingkan seher/piston forged lainnya.

Berikut daftar pilihan seher motor untuk nge drag:
DAFTAR HARGA SEHER
Seher KIT LHK Forged 58 mm
Rp. 1,250 juta
Seher KIT Taiwan Forged 62 mm
Rp. 1,250 juta
Seher KIT Hi-Speed 65 mm
Rp. 450 ribu
Seher KIT CBR
Rp. 250 ribu
Seher KIT Sonic
Rp. 250 ribu
Seher KIT SPS 59 mm
Rp. 250 ribu
Seher KIT TKRJ 57,5 mm
Rp. 275 ribu
Seher KIT Kawahara Hi-Com 66 mm
Rp. 275 ribu
Seher KIT CLD 58,5 mm
Rp. 200 ribu
Seher KIT CLD 62 mm
Rp. 235 ribu