Pasang ECU BRT Juken 3+ Di Yamaha NMAX Power Naik 11,92 dk

Bebas Seting Kapan VVA Bekerja

Salah satu produsen CDI dan ECU lokal yang paling produktif di tanah air yakni BRT atau Bintang Racing Team, kini telah merilis produk ECU BRT Juken 3+ sekaligus tes uji coba diperuntukkan motor yang sedang booming sekarang seperti Yamaha NMAX sesuai dengan karakter dan selera pemakai yang gemar ngoprek motornya.


Dan menurut Owner BRT, Tommy Huang. Beliau menjelaskan ada beberapa fitur unggulan ECU untuk pemakaian Yamaha NMAX dengan Juken 3+ ini, diantaranya adalah adanya setingan VVA (variable valve actuator) yang mana bisa disetel kapan dan mau kerja di angka berapa, karena melihat angka standar yang dibawa pabrikannya itu berkisar di 6000 rpm. Seperti misalnya kem yang sudah di modif maka tenaga maksimal yang didapat pakai kem pertama (lobe yang rendah) itu bisa berubah juga, misal peak di 8000 rpm, maka tinggal digeser saja ke rpm segitu supaya tenaganya jadi nyambung.

Untuk fitur unggulan kedua, dengan menggunakan Juken 3+ ini... Tommy menyebutkan adanya deseleration time. Yaitu sistem kerja untuk mengatur deselarasi mau seberapa kuat engine breaknya, dimana hal ini sudah dibikin enteng rollernya yang membuat rpm lama turun saat gas ditutup.

Kemudian fitur unggulan terakhir yang ditawarkan produk BRT ini, yakni ditanamkannya fitur turbo yang berfungsi sebagai alat untuk mengatur jika memakai dobel injektor. Dan untuk mengatur semua itu bisa dilakukan dengan memakai remote yang dijual secara terpisah seharga Rp. 350 ribu. Sementara kalau harga ECU-nya hanya Rp. 900 ribu.


Dengan beragam fitur yang ditawarkan tadi, maka ECU BRT Juken 3+ ini tentu sangat cocok untuk mesin yang sudah di modifikasi. Meski begitu, bukan berarti buat motor standar biasa tidak bisa memakai produk ini, buat yang standar pabrik pun tetap bisa memberikan kenaikan performa walau tidak seekstrim motor yang sudah dikorek mesinnya.


Sebagai bukti, karena pemasangannya pun cukup dengan plug and play, maka hasil test ECU BRT Juken 3+ yang dilakukan pada motor Yamaha NMAX dalam kondisi standar, ditemukan kenaikan tenaga yang sangat signifikan. Diukur melalui dynamometer Dynojet 250i, dalam kondisi standar, tenaga yang dikeluarkan NMAX tersebut hanya 10,57 dk. Namun setelah ECU diganti dan di dyno ulang, maka kontras sekali power yang disemburkan Yamaha ini menjadi 11,92 dk di 8100 rpm. Keren bukan?!

Demikian sedikit ulasan singkat mengenai cara pasang ECU BRT Juken 3+ yang diaplikasikan pada Yamaha NMAX, yang penulis sadur ulang dari media cetak ternama Otomotif edisi 23. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kembali meng-share artikelnya buat teman-teman bikers semua. Salam sukses!!