Tips Memasang Rantai Yamaha Byson Di V-Ixion

Bikin Adem Dan Kalem 

Bagi pemilik kendaraan motor Yamaha V-ixion series, pasti paham betul terhadap masalah yang sering muncul pada rantai. Ya, bisa ditebak adanya kondisi rantai yang gampang kencang kendur sampai menimbulkan suara berisik. Sialnya lagi, bukan cuma bikin motor jadi berisik tapi masalah di rantai ini juga bikin motor kurang nyaman dipakai.

Seperti pengalaman yang digunakan salah seorang pemilik Yamaha V-ixion yang tinggal di bilangan Depok, Jawa Barat. Menuturkan, kalau kondisi rantai kenceng-kendur gitu, muncul hentakan saat pelintiran gas dibuka, kalau deselerasi juga sama. Sekalipun rantai diganti dengan yang baru, oke lah bisa hilang sebentaran tapi ga lama kemudian muncul lagi tuh gejala. Menyebalkan kan?!

Maka dari masalah yang dialami tadi, ada tips mudah dan sederhana yang dihaturkan salah seorang kepala mekanik Yamaha Putra Ragunan, yaitu Budi Priyanto. Beliau menyarankan untuk mencoba mengaplikasikan rantai Yamaha Byson pada V-ixion, yakni kepada pemilik motor V-ixion yang mengalami masalah serupa. Bahkan beliau sanggup menggaransi alias menjamin dengan tips mudah seperti ini jurusnya bisa manjur, suara di rantai lebih adem. Saat gas dibuka tenaga yang keluar juga kalem tidak menghentak-hentak, dan yang paling penting lebih Awet! 

Rantai Byson ini memang sedikit lebih tebal dibanding rantai V-ixion, bisa lebih awet karena rantai Byson sudah dilengkapi dumper karet. Untuk ukuran sama-sama 428. Maka, supaya lebih hemat pemasangan tinggal pakai rantainya saja tanpa harus menggunakan gir Byson di V-ixion. Panjang rantai Byson yang memiliki part number 94568-B5130 adalah 130 mata, sedangkan rantai V-ixion yang memiliki part number 94568-J3122 adalah sebanyak 122 mata. Nah, bagi sobat yang mau pasang rantai Byson di V-ixion otomatis harus memotong rantainya, yang berarti harus dipotong sebanyak 8 mata supaya pas terpasang di gir set standar V-ixion series.

Satu lagi, ketika hendak memotong rantai... pastikan sobat harus menyiapkan klip penyambung rantai. Sebab, rantai standar Byson tidak memiliki sambungan. Maka sebelumnya sobat harus membelinya secara terpisah. Untuk satu sambungan yang sudah biasa dilego cuma Rp. 10 ribu. Jangan lupa meminta sambungan untuk ukuran rantai 428 sesuai ukuran rantai Byson.

Mengenai harga, part rantai Yamaha Byson memang banderolnya lebih mahal harganya dibanding rantai milik V-ixion. Di bengkel resmi Yamaha, sobat bisa tebus rantai Byson dengan harga Rp. 299 ribu. Harga segitu masih lebih murah jika dibandingkan harus membeli rantai branded yang sudah pasti mahalnya.



Demikian artikel singkat yang saya ketengahkan tentang Tips pasang rantai Yamaha Byson di V-ixion bikin kalem dan adem yang disadur dari media cetak Motorplus edisi 890, semoga bermanfaat. Dan jika artikelnya membantu silahkan sobat share kembali ke teman-teman semua. Salam sukses dan selamat berkreasi!