Perbaiki Mesin Tersendat Di Honda BeAt FI

Bagi sobat penyemplak motor Honda Beat injeksi keluaran terbaru, pernahkah mengalami gejala mesin terasa tersendat-sendat atau mbrebet pada saat dibawa riding? Dalam bahasa kesehariannya menurut para pembesutnya, motor tersendat seperti ada goyangan irama lagu dangdut. :) 
Dan ini banyak di alami dan dikeluhkan beberapa konsumen pemakai Honda BeAt FI. 

Hal-hal yang dirasakan atau gejala yang timbul seperti saluran bensin mampet, percikan busi tidak normal, akan tetapi disaat motor diparkir pakai standar dua dan gas diputar abis malah lancar dan tidak ada kendala nyendat atau brebet sekalipun. Agak aneh bukan?

Dan ternyata, setelah di cek lebih detil, rupanya posisi kabel yang keluar dari sepul terjepit oleh tali ripet (insulok) yang nempel di cover body. Posisi ini letaknya persis di dekat mesin depan sebelah kanan. Dampak seperti ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal, diantaranya mungkin disebabkan guncangan saat motor dibawa jalan, dan atau kondisi tali ripetnya terlalu kuat mengikat kabel sehingga ketika motor dibawa jalan terjadi gesekan antara kabel.

Maka setelah melalui check up beberapa mekanik di beberapa bengkel, hal ini lah yang mempengaruhi penyaluran aliran setrum dari spul ke sistem kelistrikan motor. Sehingga menimbulkan gejala motor jadi tersendat dan jalannya pun tidak lancar. Jika gejala seperti ini dibiarkan terus, rambut tipis atau biasa disebut serat kabel di dalamnya lama-lama akan putus. Untuk memastikan kondisi seperti ini, disarankan untuk mengecek posisi kabel dari spul menuju kabel bodi yang dijepit oleh tali ripet tadi.

Sebagai panduannya, sobek plastik pembungkus kabel berwarna hitam pakai silet atau cutter, nanti bakal ditemukan tiga kabel didalamnya yaitu kuning, putih dan kombinasi kuning serta putih. Dan biasanya posisi kabel putih atau yang kuning yang rawan putus karena jepitan tali ripet tersebut. Selanjutnya, coba sentuh atau raba permukaan kabel warna kuning dan putih yang tadinya posisinya terjepit tali ripet, jika diantara keduanya terasa ada serat kabel yang nongol dan sobek bagian pembungkus kabelnya, segeralah cek apakah ada yang putus atau tidak. Jika ada, sambungkan lagi dengan benar kemudian tutup pakai isolasi dengan rapat. 

Terakhir, posisikan kembali untaian kabel yang dibuka tadi seperti semula, dan akan lebih baik ga perlu diikat tali ripet lagi. Dijamin, jika semua intruksi seperti yang sudah dijelaskan tadi, Honda BeAt sobat gak bakal goyang dangdut lagi. hehe... :)





Demikian sedikit postingan pembahasan tentang memperbaiki mesin tersendat di motor Honda BeAt FI, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. semoga membantu. Selamat berkarya dan salam sukses. Jangan lupa untuk share jika artikelnya bermanfaat.