Tips Naik Stroke Dan Kruk As Karya Bang Jay

Bisa Naik Sampai 24 MM



Sudah bukan rahasia umum jika penikmat tarikan motor secara terus menerus mengubah performa dan besutannya supaya lebih joss lagi. Dan sebagaimana umumnya pula kalangan pecinta korekan motor adalah dengan memodif beberapa ubahan di sektor dapur pacu supaya kelak hasilnya/tarikan motor lebih gesit dan akselerasi sampai ke top perform.

Dan diantara cara paling gampang/sederhana naik stroke adalah rata-rata dengan pen stroke yang sudah di jual di pasaran. Akan tetapi, dianggap masih kurang ekstrim dan belum maksimal. Bahkan malah teknik yang dianggap jitu tetap menggunakan teknik lama, yaitu dengan cara menggeser big end di kruk as.

Dalam postingan kali ini penulis coba menguraikan salah satu hasil karya Bang Jay dari bengkel Eka Jaya Motor ketika melakukan ubahan cara naik stroke sampai ekstrim. Menurut beliau, untuk menggeser big end perlu keahlian khusus dan harus presisi, harus dilakukan dengan main potong bandul kruk as untuk menggeser lubang big end, untuk itu perlu alat khusus supaya hasilnya maksimal.

Untuk riset ini bang Jay banyak mengamati kruk as naik stroke yang sengaja di datangkan dari Thailand, sehingga mendapatkan penilaian bahwa kruk as tersebut bukan cuma sekedar dibikin dengan rapi, tapi juga presisi. Menurut pria asli Melayu-Medan ini, kruk as buatan Thailand kelihatan rapi dan teliti karena menggunakan sistem pengelasan argon. Selain itu bersifat presisi karena setelah dipasang tidak bergetar meskipun ekstrim.

Hal inilah yang membuat bang Jay belajar banyak, pria yang sudah beralih profesi sebagai tukang bubut ini akhirnya mendatangkan mesin khusus naik stroke. Bang Jay yang kini menempati bengkel di Poris Paradise kota Tangerang ini menyebutkan, bisa melakukan ubahan naik stroke sampai 24 mm dengan kondisi aman. Sebagai contoh, bang Jay melakukan custom kruk as milik Yamaha Jupiter-Z dan hasilnya benar-benar seperti kruk as buatan Thailand. Bukan hanya mampu menggeser big end dengan presisi dan rapi, tapi kelebihan lainnya juga dibuat agar balance.

Rumus bang Jay yang kini rajin terjun di balap liar menjelaskan lagi, maksud kembali dibalance ulang adalah caranya kruk as Jupiter-Z yang asalnya seperti kapak, sekarang dibikin bulat, serta dibuatkan lubang untuk balancing. Terang bang Jay yang sudah pensiun dari balapan resmi karena dianggap sudah tidak menarik dan dianggap mahal yang terbukti banyak tim-tim roadrace yang tumbang di tengah jalan.




Demikianlah artikel singkat padat mengenai cara naik stroke extreme ala Bang Jay yang dilansir dari media MotorPlus, dengan harapan semoga membantu dan berkarya bagi sobat semua, jangan lupa untuk selalu berbagi/share jika postingannya bermanfaat. 



*Info teknis bisa tanya langsung ke bang Jay di no 081297329766