Trik Menghilangkan Getaran Dan Berisik Di Skubek

Sesuai thread artikel kali ini, sebelumnya mungkin diantara sobat motormania ada yang mengalami hal sepele tapi beresiko jika pada saat memakai motor (skubek) kesayangan anda merasakan ada suara getaran dan berisik di seputar CVT? Bisa dicoba deh iseng-iseng fokus sebentaran dengarkan apakah ada bunyi-bunyi aneh atau normal saja?! 


Nah untuk masalah ini, bisa jadi itu karena akibat kondisi plastic slider yang berfungsi sebagai dumper pada plat lintasan roller di puli primer mulai aus. Jadi bukan hanya karena kondisi rollernya yang ngegerus atau alurnya yang kemakan. Untuk itu, jika masalah seperti ini dibiarkan... maka efeknya ngga cuma berisik saja, tapi bisa juga mengakibatkan getaran terhadap motor, serta gerakan tutup rumah roller yang berbahan plat besi pun akan tertahan dan tidak stabil. Dan untuk memastikannya biar ga bolak-balik ke bengkel, lebih baik cek lebih dulu kondisi plastik slider tersebut, kalau ternyata sudah longgar dari dudukannya bisa dipastikan part itu sudah waktunya ganti.

Buat mendapatkan partnya (plastic slider) sepertinya ga sulit ditemukan lah. Di toko-toko onderdil maupun di bengkel resmi biasanya sudah pasti menyediakan, soal harga pun ga terlalu mahal alias masih dijangkau dari sisa uang jajan. Cukup kantongin uang Rp. 50 ribu untuk 1 paket sudah dapat 3 plastik slider, murah bukan?

Sebagai saran, jika sobat kebetulan mendapati part ini ada embel-embel racing maka jangan tergiur dulu. Karena dari pengalaman beberapa bikers yang sudah pernah mencoba memakainya ternyata tidak awet untuk harian. Memang pakai racing kesannya bagus, tapi kalau dipakai sehari-hari jarang ada yang kuat. Begitu juga yang kualitas imitasi gampang pecah dan cepat rusak. Makanya alangkah baiknya jika mau awet dan tahan lebih lama tetap pakai yang original saja.

Nah, cara untuk mengganti plastik slider ini triknya sangatlah mudah. seperti contoh, di puli primer skubek Yamaha ada 3 buah, tinggal pasang saja ke tiga piranti itu ke lubang celah di plat landasan roller. Tapi ingat, sebelum dipasang... pastikan lagi supaya si plastik slider tadi tidak banyak goyang/oblak. Tambahan lain, pada saat melakukan penggantian, rumah CVT harus dibuka terlebih dulu supaya part-part pada puli primer bisa dilepas. Alhasil, jika penggantiannya sudah Ok dan pemasangannya pas secara detil maka dijamin getaran dan suara berisik di skubek sobat akan hilang.

Mungkin itu saja sobat motormania tutorial trik menghilangkan suara getaran dan berisik pada motor skubek, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu dan sekiranya bermanfaat silahkan di share ulang kepada teman sobat semua.


sumber:
(motorplus edisi 885/XVI)