Tips Mudah Merawat CVT Yamaha Xeon



Seperti yang kita tahu, sistem CVT merupakan bagian yang sangat vital pada motor skubek karena jadi penyambung tenaga mesin menuju ban. Oleh karena itu, bagian ini jangan sampai terabaikan dalam hal perawatan. Bahkan kotor sedikit pun dilarang dikarenakan akan mengganggu performa pacuan, seperti terjadi vibrasi/getaran, kopling slip dan sebagainya. Untuk itu mari kita selidiki dengan tips yang sangat mudah cara merawat CVT Yamaha Xeon agar kondisi motor tetap stabil dan nyaman di pakai, berikut ada 5 tahap yang bisa kita lakukan pada motor tersebut:

  • Mangkok Kopling
Bagian ini bisa dibersihkan menggunakan alkohol untuk membersihkan debu debu yang menempel. Cukup usap dinding mangkok dengan alkohol secukupnya menggunakan kain bersih. Tidak disarankan menggunakan bensin karena justru bisa membuat debu dan kotoran lebih cepat menempel.

  • Cek Roller dan Rumah Roller
Apabila roller sudah oblak dari rumah roller atau terkikis dan diameternya sudah mulai berkurang, disarankan segera ganti dengan yang baru. Kondisi roller yang sudah mulai tidak rata bisa membuat pacuan jadi melambat.

  • Kampas Kopling
Kampas kopling rawan terkena debu dan kotoran yang tersedot dari luar ke dalam ruang CVT, atau dari bekas gesekan dengan rumah koplingnya. Untuk melakukan hal ini tentu kita harus melepas cover CVT dan membongkar rumah kopling plus kampasnya, setelah itu baru kita bersihkan kampas kopling tersebut menggunakan sabun colek supaya kotoran di permukaan kampas terangkat. Jika sudah, maka amplas secara merata permukaan kampas kopling memakai ampelas halus agar kopling kembali menggigit.

  • Cek V-Belt
Umumnya part V-belt ini berusia mencapai 15.000-20.000 kilometer, tergantung pemakaiannya. Jika kita menemukan tarikan motor seret atau ndut-ndutan, bisa jadi akibat V-belt sudah retak retak atau getas, kalau demikian adanya segera lakukan penggantian V-belt dengan yang baru.

  • Cek Puli Sekunder
Untuk bagian ini harus diperiksa dan diberikan CVT grease kit secara berkala. Karena jika bagian pulley jarang diberikan grease secara berkala, o ring yang ada di pulley sekunder akan mudah rusak dan bocor.



Itulah ke 5 Tips mudah cara merawat CVT Yamaha Xeon, semoga bermanfaat dan selamat bekerja.