Tiga Langkah Cara Upgrade Performa Kawasaki New Ninja 250




Kawasaki New Ninja 250 memang terlahir sebagai motor kencang. Akan tetapi masih ada saja pemilik motor ini yang merasa belum puas dengan performanya. Sebut saja Yusuf pemilik kendaraan motor ini ingin Ninja 250 nya melesat lebih cepat dari motor sejenis lainnya. Untuk itu, Yusuf membawa tunggangannya ke salah satu bengkel yang berada di bilangan Jl. M. Hasibuan, No 60 Bekasi bernama Duta Motor Sport (DMS) untuk meng upgrade performa motor miliknya. Dan melalui trik yang diterapkan, kini power sentuhnya naik menjadi 34,30 hp.

Melalui tangan apik mekanik DMS, Danu Andri Wibisono memberinya sedikit sentuhan. Hasilnya ketika diajak berlari di atas mesin Dyno-jet 250i buatan Amrik, tenaganya terangkat menjadi 34,3 hp/12.100 rpm dan torsi puncaknya di dapat 21,29 Nm/11.200 rpm. Padahal, tenaga standar Ninja 250 di atas mesin dyno yang sama hanya terukur di angka 26,05 hp/11.150 rpm dan torsinya yang cuma 17,95Nm/8.600 rpm. Artinya, powernya terdongkrak sebesar 8,25 hp dengan torsi ikut meningkat menjadi sebesar 3,34 Nm. 

Berikut kita intip tiga (3) ubahan yang diterapkan ala mas wibi DMS pada ninja 250:
  • NOKEN AS CUSTOM, pengatur tutup buka klep yang satu ini mempunyai durasi in dan ex 225 derajat. Untuk in, membuka di 10 derajat BTDC (sebelum TMA) dan menutup di 35 derajat ABDC (setelah TMB). Sementara ke ex membuka 35 derajat BBDC (sebelum TMB) dan menutup di 10 derajat ATDC (setelah TMA). Tinggi angkatan untuk in dan ex mencapai 8,7 mm, sedangkan LSA-nya berada di 110 derajat.

  • OPEN FILTER, agar supaya udara yang masuk lebih banyak ke dalam ruang bakar, Wibi membiarkan udara tidak tersaring alias open filter. "Biar lebih lancar dan terarah udaranya, bisa di coba memakai velocity stack".

  • PORTING, KOMPRESI DAN PIGGYBACK. Untuk mengimbangi langkah-langkah sebelumnya, silinder head terkena porting dan polish. Setelah itu, rasio kompresi mesin dinaikkan dengan cara memapas head sebanyak 0,8 mm. Ketika diburet, rasio kompresinya ketemu di 12,5:1. Agar campuran udara dan bahan bakarnya tepat, wibi mengaplikasikan piggyback power commander V (PCV). Dari sini, semprotan injektor diatur ulang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, timing pengapian juga dibikin lebih advance 7 derajat.


Mungkin itulah Tiga Langkah Cara Upgrade Performa Kawasaki Ninja 250 hasil polesan salah satu mekanik profesional DMS, dan bagi pemilik motor yang sejenis dengan saudara Yusuf di atas bisa anda test dan mencoba menaikkan tenaga kudanya melalui cara cara yang efisien dan ekonomis seperti halnya mas Wibi lakukan.