Penyebab Aki Motor Cepat Tekor

Lagi bermasalah dengan Aki motor yang sering tekor? Tenang mas bro, tidak usah panik maupun bingung. Sebelum memvonis aki jelek atau peranti tertentu bermasalah, sebaiknya di cek dan diteliti terlebih dulu komponen yang berhubungan dengan aki.

Ada beberapa hal yang menyebabkan aki cepat tekor, terutama bila kendaraannya sudah mengalami modifikasi atau pemasangan aksesori tertentu tanpa adanya penyesuaian. Yakni karena bore-up, pemasangan klakson mobil atau model keong dan aplikasi pemakaian lampu jenis HID. Stop lamp menyala terus juga bikin aki cepat ngedrop kemudian kiprok rusak maka dipastikan bikin accu tersebut cepat tekor.
  • Untuk kendaraan yang sudah mengalami bore up gede-gedean, tetapi spul dinamo starter tidak ikut di upgrade maka bisa dipastikan aki bakal cepat ngedrop akibat dipaksa terus starter dikarenakan kompresi tinggi dan dinamo starter tidak kuat. 

  • Pemasangan klakson mobil di motor memang banyak dilakukan pemilik motor. Namun peranti ini juga butuh suplai tegangan listrik yang cukup besar, nah biar aki tidak gampang soak/tekor ada baiknya ditambah relay untuk menstabilkan arus listrik.

  • Walaupun lampu HID lebih terang dari standar pabrik, tetapi perangkat ini juga tetap butuh suplai listrik yang lebih besar. Lampu HID tanpa adanya penyesuaian pada spul pengisian dapat mengakibatkan aki cepat ngedrop.

  • Kiprok berfungsi untuk mengatur pengisian aki, tapi kalau rusak atau bermasalah efeknya jadi overcharger maupun sebaliknya yang berdampak jadi cepat tekor. untuk mengetahui pengisiannya normal atau tidak, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama. Coba gas di putar pada putaran mesin antara 4000-5000 RPM, pengisian yang bagus tegangannya antara 14-15 volt. Kurang dari 14 volt atau lebih dari 15 volt berarti sistem pengisiannya tidak lagi normal karena kiprok bermasalah.

  • Banyak kejadian stop lamp menyala terus dan si penunggang pun sama sekali tidak memperhatikan dampaknya. Akibatnya arus listrik dari kesedot terus selama mesin hidup, tidak heran pula kalau aki cepat tekor. Dan hal ini biasanya terjadi karena setelan switch rem belakang berubah atau perangkat tersebut memang rusak.



Mungkin hal hal diatas tersebut menjadi penyebab aki motor cepat tekor sehingga umur pemakaiannya pun sangat pendek, cara penanganan atas kejadian tadi hanya dapat dilakukan oleh mekanik/montir yang profesional, jadi alangkah lebih baiknya jika kendaraan motor anda dibawa ke bengkel yang sudah benar benar paham menguasai ilmunya.