Kawasaki Versys Touring Adventure

PT Kawaski Motor Indonesia kembali menggegerkan pasar roda dua nusantara, KMI melaunching sepasang moge yang kali ini dikhususkan untuk pecinta adventure Versys 650 dan Versys 1000.

Jelas perbedaan mencolok ada pada kapasitas mesin kedua motor ini, begitu juga beberapa bagian bodi yang disesuaikan dengan tipe adventure, dan perbedaan mencolok ini pun terdapat bodi khususnya bagian belakang, sedangkan bagian muka Versys 1000 lebih tebal dan berotot dengan adanya tambahan tameng dibawah radiator.

Sebagaimana yang dijelaskan deputi department head sales&promotion division Kawasaki motor indonesia, untuk mesin yang bertipe 1000 itu adalah built up Jepang, sedangkan tipe 650 sendiri adalah built Thailand. Spesifikasi yang ditanamkan pada tipe bertenaga lebih besar tersebut bisa menyemburkan tenaga 120PS/9.000 Rpm yang dibekali dengan fitur 3 mode KTRC (Kawasaki Traction Control) dan Assist and Slipper Clutch yang memungkinkan pengendara dapat menyetel power motor tersebut dengan mode high atau low power mode.

Sedangkan Assist and Slipper Clutch merupakan fitur yang mampu mengurangi efek engine brike atau downshift pada saat merubah posisi transmisi yang lebih rendah saat melaju. Sedang untuk saudara mudanya yang berkapasitas lebih kecil (650) dibekali dengan fairing facelift serta braket model plug and play. Adapun perbedaan yang cukup signifikan dengan tipe versys lama yaitu ada pada mesin dengan perubahan mesin yang meningkat sampai menghasilkan tenaga mencapai 69HP dari model sebelumnya yang hanya memiliki power 59,4HP.



Moge Kawasaki yang berjuluk 'dual-purpose' ini sudah mampu duduk di kasta tertinggi untuk kelas moge sport premium touring. Dengan harga yang telah dibandrol, untuk Versys 650 ditawarkan Rp. 159 juta, sementara Versys 1000 dibandrol seharga Rp. 315 juta.