Torsi Yamaha NMAX Naik Jadi 32,33 NM Bagaimana Caranya?

Tembus 125km/jam dan cuma 1 liter untuk 45 km


Berdasarkan tes yang dilakukan oleh Sportdyno V3.5 milik bengkel Budi Jaya Motor (BJM) yang berlokasi di Margahayu, Bandung. Yamaha NMAX racikan keyspeed ini bisa bikin torsi naik jadi 32,33 NM/2.192 rpm dengan kombinasi power 14,5 DK/3.825 rpm. Wow...

Padahal, di mesin yang sama NMAX standar bawaan pabrik tersirat dapat torsi di angka 25,7 NM/2.242 rpm dengan power 11.5 DK/3.451 rpm, yang artinya ada peningkatan torsi sebesar 20,83 NM dan power ikut terdongkrak naik jadi 3 DK, dan ini membuktikan kalau stroke up bisa sebagus bore up. So, jurus apa saja yang di godok dalam riset yang dikembangkan keyspeed ketika di uji di sportdyno milik BJM tadi? Ini dia poin-poinnya.


  • PIGGYBACK DAN ROLLER
Untuk pengaturan bahan bakar dikawal dengan memakai piggyback Wiseco. Untuk kebutuhan bawah, air fuel ratio (AFR) dibuat 14,7 : 1, putaran tengah 13,5 : 1, dan rpm atas dikasih settingan basah yaitu 12,3 : 1. Agar putaran torsinya makin bagus, maka roller dibikin ringan yang mana roller standar ukuran 13 gram rata, kini dibikin kombinasi jadi pake 8 dan 11 gram.



  • HEAD DAN NOKEN AS
Untuk head silinder masih menggunakan klep dan noken as standar. Tetapi dari hitungan standar untuk in dan ex dimajukan 1 derajat. Di bagian lubang in, diporting polish 0,4 mm dan lubang ex dibiarkan standar.


  • GESER BIG END 2 MM
Menurut salah satu Tunner yang beroperasi di bengkel keyspeed, Big End standar digeser 2 mm dengan proses tambal sulam. Total stroke jadi 4 mm, kalau ditambahkan stroke standar jadi 62,7 nm. Menurutnya, agar piston standar tidak nongol maka stang seher pakai punya shogun 110 karena lebih pendek 0,5 mm dibanding kepunyaan NMAX.


  • SILINDER MEMBENGKAK JADI 165,5 CC
Akibat piston yang jadi mendem 0,6 mm, maka pemakaian paking atas pun pakai tebal 0,5 mm dan paking bawah 1 mm yang menggunakan bahan alumunium. Kompresi engine ditarik 10,6 : 1 untuk mengkonsumsi bahan bakar pertamax. Dengan piston standar 58 mm bila dihitung dengan stroke yang di dapat tadi sebesar 62,7 nm, maka kapasitas silinder pun meningkat jadi 165,5 cc.



Demikian artikel singkat, padat dan jelas mengenai stroke up torsi Yamaha NMAX naik jadi 32,33 NM yang kembali saya publish dari artikel media cetak Em-Plus kolom mototech edisi 881, semoga bermanfaat dan jangan lupa share jika sobat motor mania menyukainya.



Keyspeed
Jl. Gandasari No. 92. Soreang.
Bandung, Jawa Barat
Telepon 0882-1864-7680